Perangkat Keras Jaringan Komputer

Perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat fisik yang dapat dilihat dan diraba yang digunakan saling melengkapi untuk dapat membangun jaringan komputer. Tentunya selain perangkat keras, agar komputer dapat terhubung dengan komputer lain juga memerlukan perangkat lunak tertentu. Namun, peranan perangkat keras sangat dibutuhkan untuk membangun jaringan yang solid.

Daftar Perangkat Keras Jaringan Komputer

1) Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan

Kartu Jaringan (NIC) merupakan salah satu dari perangkat keras yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer. Kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam  komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring.

Perangkat Keras Jaringan Komputer - NIC

Network Interface Card (NIC)

2) Repeater

Repeater termasuk satu dari perangkat keras jaringan komputer yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbaharui sinyal yang ditransmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya semula guna memperpanjang jarak tempuh. Repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal.

perangkat keras jaringan komputer - repeater

Repeater

3) Hub/Konsentrator

Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.  1 dari 5 perangkat keras ini dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.

Hub

Hub

4) Switch

Salah satu dari perangkat keras jaringan komputer ini merupakan pengembangan dari konsep Bridge. Ada dua arsitektur dasar yang digunakan pada switch, yaitu cut-through dan store and forward. Switch cut-through mempunyai kelebihan di sisi kecepatan karena ketika sebuah paket datang, switch hanya memperhatikan alamat tujuan sebelum diteruskan ke segmen tujuannya, sedangkan switch store and forward merupakan kebalikannya. Switch ini menerima dan memeriksa seluruh isi paket sebelum meneruskannya ke tujuan dan untuk memeriksa satu paket merlukan waktu, tetapi proses ini memungkinkan switch mengetahui adanya kerusakan pada paket data dan mencegahnya agar tidak mengganggu jaringan. Dengan switch terdapat beberapa kelebihan karena semua segmen jaringan memiliki bandwidth 10 Mbps penuh. Tidak terbagi seperti share network pada penggunaan Hub.

switch

switch

5) Router

Router tidak mempunyai kemampuan untuk mempelajari, namun dapat menentukan path (alur) data antara dua jaringan yang paling eficien. Router beroperasi pada lapisan Network (lapisan ketiga OSI.). Router tidak mempedulikan topologi dan tingkat acces yang digunakan oleh jaringan. Karena ia beroperasi pada lapisan jaringan. Ia tidak dihalangi oleh media atau protokol komunikasi.

perangkat keras jaringan komputer - router

router

Bridge mengetahui tujuan ahir paket data, Router merupakan satu dari 5 perangkat keras jaringan yang hanya mengetahui dimana router berikutnya ditempatkan. Ia dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan yang menggunakan protokol tingkat tinggi yang sama. Jika paket data tiba pada router, ia menentukan rute yang terbaik bagi paket dengan mengadakan pengecekan pada tabel router. Ia hanya melihat paket yang dikirimkan kepadanya oleh router sebelumnya.

Demikian penjelasan dari kami mengenai perangkat keras jaringan komputer guna membangun sebuah network komputer.

Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pinterest
Email