Hardware Jaringan Komputer

Ketika kita ingin membuat sebuah jaringan komputer sederhana komponen utama yang kita perlukan tentu saja adalah komputer, tetapi bagaimana caranya komputer-komputer tersebut dapat saling terhubung antara satu dengan yang lainnya ? Jawabannya adalah kita membutuhkan perangkat-perangkat lainnya agar antar komputer dapat terhubung. Perangkat-perangkat itu dapat berupa hardware (perangkat keras) maupun software (perangkat lunak).

Hardware yang diperlukan sebuah jaringan komputer akan sedikit berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan. Hardware berikut ini adalah hardware yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jaringan komputer sederhana :
1. Hub
Hub merupakan hardware yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus. Antar hub juga dapat saling berhubungan yaitu dengan
menggunakan cara cross over cable, tetapi hub – hub saat ini sudah dapat meng–cross over cable sekaligus hubungan antar hub ini disebut juga chaining
melalui port uplink.

Hub
Keuntungan menggunakan hardware ini adalah fleksibilitas yang dimiliki sehingga setiap client bisa ditambahkan setiap waktu tanpa mengganggu jaringan yang sedang beroperasi. Tetapi hub tidak mampu membaca data–data dan tidak mengetahui sumber dan tujuan paket-paket yang dilepas melaluinya. Kesimpulanya, sebuah hub hanya berperan menerima dan meneruskan paket-paket yang masuk atau paling tidak memperkuat sinyal elektrik, dan kemudian menyebarkan paket-paket ke semua device dalam jaringan termasuk device yang mengirimkan paket tersebut.
2. Bridge
Bridge adalah hardware yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah. Bridge bisa menghubungkan tipe jaringan radio  seperti microwave, wireless mobile dan sebagainya, berbeda (seperti Ethernet dan Fast Ethernet) atau tipe jaringan yang sama.

Bridge
Hardware ini memetakan alamat Ethernet dari setiap node yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan memperbolehkan hanya lalu lintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber.
3. Router
Router adalah hardware jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya untuk mendapatkan route (jalur) terbaik. Router bekerja pada layer network dari model OSI untuk memindahkan paket-paket antar jaringan menggunakan alamat logikanya. Router memliki table routing yang melakukan pencatatan terhadap semua alamat jaringan yang diketahui dan lintasan yang mungkin dilalui serta waktu tempuhnya.

Router
Router bekerja hanya jika protokol jaringan yang dikonfigurasi adalah protokol yang routables eperti TCP/IP atau IPX/SPX. Ini berbeda dengan bridge yang bersifat protocol independent.
4. Kabel
Secara umum, kabel transmisi penghubung dalam jaringan komputer terdiri atas 3 macam, yakni kabel koaksial, kabel ulir atau kabel berpasangan (Twisted-Pair,misalnya kabel UTP – Unshielded Twister Pair), dan kabel serat optik. Ujung kabel transmisi dilengkapi dengan konektor yang sesuai. Pada jaringan tanpa kabel (wireless LAN), tidak digunakan kabel, melainkan menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan paket data.

Kabel
5.  Network Interface Card (NIC)
Kartu jaringan (Network Interface Card atau disingkat NIC, sering disebut juga Network Adapter, LAN Card, atau Ethernet Card) adalah hardware yang berfungsi sebagai jembatan antara komputer dengan jaringan komputer. Kartu jaringan bertugas untuk mengirimkan paket-paket data ke komputer tujuan dan menerima paket data yang dikirim komputer lain.

NIC CardDemikian ulasan mengenai Hardware Jaringan Komputer dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menekuni teknik jaringan komputer.

Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pinterest
Email