Internet dan Intranet

Internet dan IntranetInternet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas wilayah, hukum, dan budaya. Secara fisik, internet diumpamakan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node dapat berupa komputer, jaringan lokal, atau peralatan komunikasi. Sementara itu, garis penghubung antarsimpul disebut sebagai tulang punggung (backbone), yakni media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan, atau bertukar informasi di internet.

Intranet diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan, “Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas internet, diibaratkan ber-Internet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terhubung ke internet. Pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone internet dapat terjadi.

Dukungan aplikasi, program, dan sistem operasi yang luas akibat popularitas internet menjadikan intranet sebagai masa depan LAN. Keistimewaan fasilitas intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah tampilan Web (grafis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi ataupun database-nya.

Berikut ini adalah fasilitas standar internet yang dapat Anda nikmati dengan mengunakan intranet.
a. Surat elektronik (e-mail)
b. Transfer berkas (FTP)
c.  Emulasi terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin)
d. Pengendalian peralatan networkjarak jauh (SMNP)
e. Aplikasi Internet seperti, search engine, mailing list, newsgroup, archive, dan gopher

Teknologi LAN yang juga terdapat pada intranet antara lain manajemen database, sistem terdistribusi, client server, dan sharing resource and peripheral.

Salah satu hal terpenting dalam internet atau intranet adalah keamanan jaringan (network security). Jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (public service communication network), sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Dengan demikian, teknologi keamanan yang canggih perlu diterapkan dalam intranet, seperti firewall, enkripsi, encapsulated data package, atau id recognition.

Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pinterest
Email