Operasi Dasar Komputer

Sistem Operasi Komputer

Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Sistem operasi yang digunakan komputer secara umum (termasuk PC dan jenis
komputer lainnya) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

  1. Keluarga Microsoft Windows – yang antara lain terdiri dari Windows Desktop    Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan     Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000,    Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) dirilis     pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
  2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO    UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X       (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin)     dan GNU/Hurd.
  3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa    disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS    versi 10.5 (Leopard). Pada tahun 2007 diluncurkan versi 10.5 (Leopard).

Sedangkan komputer Mainframe dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem    operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, dan HP/UX.

Demikian pembahasan kali ini mengenai operasi dasar komputer dan semoga setelah membaca artikel ini Anda menjadi tahu serta mengerti.  Silakan baca artikel lainnya yang berhubungan dengan artikel ini.

Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pinterest
Email