Pengertian Topologi Bus

Gambar Pengertian Topologi Bus

Pengertian topologi bus adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan terhubung pada sebuah bus (terminal) berupa kabel. Topologi ini adalah topologi yang awal digunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kabel harus diakhiri dengan satu terminator. Begitulah pengertian secara harfiah tentang topologi bus.

Topologi bus sudah sangat jarang digunakan di dalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadinya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus  atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut diatasi.

Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di  dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabel serat optik ( fiber optic)  akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya. Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan bintang (star), sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. Topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.

Dari pengertian di atas, topologi jenis ini tidak tergantung pada salah satu komputer, artinya semua terkendali di seluruh komputer dengan sistem tersebar (distributted).
Berdasarkan pengertian, topologi bus memiliki kelemahan antara lain:
•  Kapasitas terbatas.
•  Kesulitan perawatan jika dalam jumlah besar.
•  Jarak terbatas, sering terjadi tabrakan pada
lalu lintas padat.
Sedangkan kelebihan topologi bus antara lain:
•  Kecepatan pengiriman tinggi.
•  Kemampuan pengembangan tinggi.
•  Jumlah terminal dapat ditambah atau diku-rangi tanpa mengganggu kerja komputer yang
sedang berjalan.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Toplogi Bus yang telah kami sampaikan.  Semoga dengan membaca artikel Pengertian Toplogi Bus ini Anda menjadi paham dan mengerti lebih dalam.

Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pinterest
Email