Perangkat Keras Jaringan

Gambar Perangkat Keras Jaringan

Perangkat Keras Jaringan – Proses penetapan perangkat keras jaringan komputer relatif lebih mudah dibanding dengan perangkat lunak. Walaupun terdapat berbagai jenis jaringan komputer yang berbeda, namun semuanya memiliki karakteristik perangkat keras tertentu yang sifatnya umum. Untuk menentukan perangkat keras jaringan komputer terdapat dua hal yang sangat penting, yaitu teknologi transmisi dan jarak.

Secara garis besar teknologi transmisi dibedakan menjadi dua yaitu jaringan broadcast dan jaringan point-to-point. Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua komputer yang ada pada jaringan tersebut. Sedangkan point-to-point terdiri dari sejumlah pasangan komputer yang ada dalam jaringan komputer.

Jarak merupakan hal yang penting untuk membangun sebuah jaringan komputer, termasuk pertimbangan penggunaan perangkat lunak nantinya. Dalam membangun sebuah jaringan komputer, perencanaan pemakaian dan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak wajib dipikirkan dan dipertimbangkan. Berdasarkan jarak dan area kerjanya jaringan komputer dibedakan dalam tiga kelompok :

  • Local Area Network (LAN)

LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan secara bersama-sama dan saling bertukar informasi. Pada umumnya LAN dimiliki oleh suatu perusahaan tanpa adanya campur tangan lain,misalnya jaringan telekomunikasi. LAN digunakan untuk menghubungkan simpul yang berada di daerah yang tidak terlalu jauh seperti dalam sebuah bangunan atau gedung dengan radius maksimum 10 kilometer. Dalam LAN umumnya kecepatan pengiriman data sangat tinggi, misalnya 10 Mbps, 100 Mbps bahkan ada yang sampai dengan 1000 Mbps.

  • Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknology yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan membangun jaringan antar kantor dalam suatu kota. Jangkauan MAN antara 10 sampai dengan 50 km.

  • Wide Area Network (WAN)

WAN adalah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. Pada sebagian besar WAN, jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan jaringan satu dengan yang lain dengan media router.

Demikian penjelasan singkat mengenai perangkat keras (hardware) jaringan komputer yang umum dan telah banyak dipergunakan, baik oleh lembaga-lembaga (institusi) maupun pribadi.  Semoga artikel Perangkat Keras Jaringan ini bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan Anda.

Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pinterest
Email